Kunjungan Studi Banding Akreditasi Puskesmas se-Kabupaten Minahasa ke Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu

Hari Jumat, tanggal 11 November 2016, keluarga besar Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara melakukan studi banding dalam rangka Akreditasi Puskesmas ke Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu.

Adapun Tujuan utama akreditasi Puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu, kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem  manajemen, sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan program, serta penerapan manajemen risiko, dan bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi. 

Titik Berat Pelayanan Kesehatan Primer adalah Promotif & Preventif yang mendorong meningkatnya peran serta dan kemandirian masyarat dalam  mengatasi  berbagai faktor risiko kesehatan. Keberhasilan Pelayanan Kesehatan Primer akan mendukung pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional, dimana  akan mengurangi jumlah pasien yang di rujuk. Sehingga Akreditasi Puskesmas sebuah keniscayaan di era JKN.

Agar Puskesmas dapat menjalankan fungsinya secara optimal perlu dikelola dengan baik, baik kinerja pelayanan, proses pelayanan, maupun sumber daya yang digunakan. Masyarakat menghendaki pelayanan kesehatan yang aman dan bermutu, serta dapat menjawab kebutuhan mereka, oleh karena itu upaya peningkatan mutu, manajemen risiko dan keselamatan pasien perlu diterapkan dalam pengelolaan Puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan yang komprehensif kepada masyarakat. Untuk menjamin bahwa perbaikan mutu, peningkatan kinerja dan penerapan manajemen risiko dilaksanakan secara berkesinambungan di Puskesmas, maka perlu dilakukan penilaian oleh pihak eksternal dengan menggunakan standar yang ditetapkan yaitu melalui mekanisme akreditasi.

Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa melaksanakan kunjungan studi banding ke Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu yang sebelumnya pada tanggal 31 Mei 2016 telah melaksanakan Akreditasi Puskesmas Tingkat Nasional. Tujuan: Menggali dan melihat langsung best practice yang ada di Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu dalam pelaksanaan Akreditasi Puskesmas, mengetahui lebih mendalam mengenai kegiatan Akreditasi Puskesmas, dan mempelajari tentang menyusun kelengkapan pedoman tata naskah terkait dengan dokumen-dokumen yang dipersyaratkan oleh standar akreditasi.

Peserta yang ikut dalam kegiatan studi banding tersebut  adalah seluruh Kepala Puskesmas se-Kabupaten Minahasa dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa dr. Yuliana AD Kaunang, M.Kes. Kunjungan itu pun mendapat sambutan dari Kepala Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu drg. Susilowati

Dalam studi banding tersebut, peserta mendapat penjelasan tentang pelaksanaan Akreditasi Puskesmas di Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu. 
Besar harapan kami sebagai Puskesmas yang dipilih sebagai Lokasi Kaji Banding di DKI Jakarta agar Puskesmas se Kabupaten Minahasa bisa mengikuti jejak langkah Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakatnya dengan program peningkatan mutu pelayanan melalui Akreditasi Puskesmas.

1 komentar:


dapatkan bonus harian berupa uang tunai di padang toto , bisa dapat penghasilan tambahan dari rumah loh...

Posting Komentar